Empat Brahmana Panditha/Empat Brahmana Mpu Bersaudara Hadir Kembali dibumi Bali


Om Swastyastu,

Beberapa abad yang silam,  jauh sebelum datangnya seorang Brahamana dari Jawa yaitu Mpu Nirartha atau disebut juga Mpu Dwijendra sakti wawu Dateng, yang kemudian diberi Nama Pedanda sakti wawu rawuh, di Pulau Bali telah terciptakan Lahir seorang Brahmana oleh seorang Brahmana Sakti yaitu Ida Bhatara Mpu Mahameru, yang sekarang berstana di Pura Catur Lawa Besakih, atas Titah Ida Bhatara Hyang Pramesti Guru. dengan Tujuan agar di Pulau Bali ini ada Orang Suci /Brahmana sebagai Panutan warga Masyarakat Bali, didalam kehidupan berwasyarakat, beragama, dan Beliau adalah Ida Bhatara Mpu Kamareka.

Bagaikan Putaran Dunia, ketika Masyarakat Hindu khususnya di Pulau Bali sedang digulirkan dengan permalahan seorang sulinggih yang akan dipercayakan untuk memuput seutaian Upacara ( Panca Yadnya ), yang tak jarang berujung pada persengketaan antar warga. karena ada sebagian masyarakat tidak percaya kalau seorang Sulinggih yang bergelar Mpu itu adalah seorang Brahmana, dan yang dipercaya sebagai seorang Brahmana adalah Pedanda.

Didalam kondisi kehidupan Masyarakat Hindu seperti tersebut, sejarah memberikan Bukti bahwa  Seorang Sulinggih yang bergelar Mpu itu sesungguhnya adalah memiliki Status Brahmana, dan hal ini dibuktikan kembali dengan telah hadirnya kembali empat Orang Sulinggih Umat Hindu yang Bergelar Mpu, yaitu ada di Desa Blahbatuh( pertama), di Desa Songan Kintamani Bangli dan di Desa Metro Bangli.

Semoga dengan Hadirnya kembali Brahmana-Brahman bergelar Mpu itu mampu membuka hati masyarakat Umat, dan mau menyelusuri kembali asal usul dari seorang Brahmana yang memakai Gelar selain Gelar Mpu. sebab, babad ataupun Prasaty yang memuat hal kebradaan Mpu itu adalah seorang Brahmana, yaitu  Pedanda Sakti wawu Rwuh,yang sebelumnya adalah seorang Brahmana bergelar Mpu Juga, yaitu yang diaebut  Mpu Dwi Jendra sakti wawu dateng atau Mpu Niratha, adalah Putra dari Mpu Smaranatha.


One thought on “Empat Brahmana Panditha/Empat Brahmana Mpu Bersaudara Hadir Kembali dibumi Bali

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s